Selasa, 06 September 2016

Apa sih Keuntungan Dan Kerugian Merantau

Hari ini mau ngebahas tentang apa sih keuntungan dan kerugian dari merantau menurutku. Sebenarnya ini adalah tulisan lamaku di kaskus tentang suka duka jadi perantau pemula yang menjadi hot thread juga.


Keuntungan Merantau

1.      Belajar Budaya Baru
Kita bisa mengenal budaya baru, dengan banyaknya budaya khas di Indonesia ini sudah pasti dengan kita merantau apalagi jauh, kita akan menemukan budaya budaya baru yang akan kita temui ditempat perantauan ini dan yang pasti sedikit berbeda dari tempat asal. entah budaya kerja, budaya makan dll.

2.      Belajar Bahasa Baru
Mengenal bahasa baru, karena bintan terletak dekat dengan malaysia jadi bahasanya sedikt melayu melayu gitu deh. jadi dari bintan ini saya tau kalau Teh O artinya Teh Panas Dan Teh O-beng artinya Es Teh. Itu baru 2 bahasa, dan banyak bahasa bahasa lain yang saya baru tau kalau gak merantau.

3. Tempat Wisata Baru
oya gan, disini bintan kepulauan riau adalah surga Indonesia yang tersembunyi looh, dulu aku gak tau bintan thu pulau apa, ternyata disini ada berbagai tempat wisata kelas dunia sebut saja kawasan wisata lagoi, disana banyak resort guys. tau gak bayarnya gak pakai uang rupiah tapi dollar broo, bisa semalam 20juta kalau dirupiahin. kalau aku mending buat jualan ayam potongku. hehe banyak pokoknya wisata baru yang akan kita temui kalau merantau.


4. Teman Baru
Yang pasti kalau kita merantau akan ketemu dengan teman dan sahabat baru. enaknya kalau punya sahabat diperantauan ini pastinya kita akan diajak muter muter jalan jalan jalan baru atau tempat tempat baru. pokoknya asyik kalau kita punya banyak temen. mari kita berteman guys.

5. Bisa Naik Pesawat atau Bisa keluar negeri
Ya kalau gak karena merantau disini, pasti gak bisa naik pesawat atau keluar negeri gan, BTW karena bintan ini dekat ama singapore, malaysia and brunei jadi setidaknya kalau dapet cuti kerja bisa lah minimal jalan jalan ke singapore.. So merantau membuat kita bisa tahu mana mana.


Kerugian Merantau


1. Jauh Dari Keluarga
Gak enaknya ya gini nih,Jauh Dari Keluarga, ini hal paling utama, gak bisa lihat senyum emak, kakak, adik maupun keponakan tyap hari. jadi pasti kangen ama keluarga apalagi kayak TS nih yang jadi perantau pemula. 


2. Susah Adaptasi
Kalo Kamu gak cepat adaptasi, jangan harap bertahan lama. paling - paling 2 minggu merantau udah pulang kampung lagi. ini bener loo gan, maren setelah ane ada recruitmen anak jawa, dia hanya 2 minggu bertahan disini, kemungkinan besar sih karena kurangnya beradaptasi.

3. Kalau Punya Pacar Di kampung = LDR
Gak enaknya lagi Kalo kamu punya pacar atau gebetan di kampungmu sana, maka dipastikan LDR. LDR ini juga memakan banyak biaya, waktu, rindu dan kasih sayang.hahaha kasihan yang LDR, pulsa habis, kangen terus gak ada yang dipeluk.haha LDR kan sebagian dari Jomblo..  Kalau TS sih gak LDR, TS kan udah ada ayang beb disini..hahaa Preeet
Banyak Uang Padahal Belum Tentu

4. Dikiranya Banyak Uang
Di Rantau tu Orang Rumah Pasti ngiranya uang kita banyak karena bekerja jauh, padahal belum tentu juga semua perantau banyak duit. jadi ini ada beban moral buat kita saat pulang kampung. 
Biaya pulang kampung mahal

5. Biaya Pulang Kampung Mahal
Biaya pulang kampung mahal, jadi uang yang kita kumpulin di perantauan, hanya habis saat mau balik kampung saja. Buat biaya pesawat dan yang pasti ngasih ngasih oleh oleh tetangga, uang saku pada keponakan dan orang tua dll. Memang betul kalau ada yang sering bilang, orang perantauan itu uangnya habis buat pulang kampung saja..


Related Posts

Apa sih Keuntungan Dan Kerugian Merantau
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

2 komentar

Tulis komentar
avatar
15 Desember 2016 23.25

Dan
Ayo pitching
hahaha

No Telfnmu brpa ?

Reply