Rabu, 26 April 2017

Tips And Trik Cara Cepat Menyewakan atau Menjual Apartemen

Yoo ketemu lagi dengan Dany Tri Kusuma disini guys, Kali ini saya akan membahas tentang tips and trik cara cepat menyewakan atau menjual apartemen. Langsung aja tanpa basa basi mari kita simak.
Apartemen merupakan sebuah model tempat tinggal yang hanya mengambil sebagian kecil ruang dari suatu bangunan. Suatu gedung apartemen dapat memiliki puluhan bahkan ratusan unit apartemen. Istilah apartemen digunakan secara luas di Amerika Utara, sementara istilah flat digunakan di Britania Raya dan negara-negara persemakmuran.

Perkembangan apartemen di indonesia selalu naik tiap tahun. Banyak orang ingin sewa apartemen , beli apartemen maupun jual apartemen. Menjual properti seperti apartemen di lakukan dengan berbagai alasan, seperti butuh uang cepat, pindah kota, untuk investasi saja saat disewakan atau memang karena apartemen tersebut memberikan kerugian bagi pemiliknya.

Menyewakan atau menjual apartemen sebenarnya sama saja dengan menjual propreti lainnya yaitu agar tujuan kita tercapai dengan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan ataupun sewa. Tidak hanya untung dalam menjual, kita juga terkadang mengharapkan property kita terjual cepat dan tanpa masalah.

Berikut ada beberapa tips and trik untuk menyewakan atau menjual apartemen dengan cepat dan aman yang bisa anda ikuti dan coba di terapkan saat hendak menjual apartemen.


1. Melakukan beberapa perbaikan untuk menaikkan harga apartemen
Sebelum menyewakan dan menjual apartemen, alangkah baiknya lakukan terlebih dahulu beberapa perbaikan pada apertemen, guna menaikkan harga jual. Sebagai contoh jika apartemen memang perlu perbaikan atau renovasi seperti melakukan cat ulang, memperbaiki tata ruang, melakukan renovasi kecil, sebaiknya perbaiki dan buat apartemen terlihat menarik, hal ini akan meningkatkan harga sewa ataupun harga jual saat terjadinya proses negoisasi


Kondisi dan dekorasi interior apartemen memang menjadi faktor yang sangat penting dalam menentukan cepat atau tidak tersewa atau terjualnya unit apartemen. Terkadang kita membutuhkan strategi dengan menyewakan atau menjual apartemen dengan kondisi unfurnished karena market untuk apartemen tipe 3 kamar biasanya adalah keluarga. Banyak dari mereka lebih memilih untuk mendesain sendiri interiornya untuk disesuaikan dengan kebutuhannya. 

Berbeda jika ingin menyewakan atau menjual apartemen tipe studio atau tipe 1 kamar. Lebih baik mendekorasi dengan fully furnished, karena market apartemen tersebut seringkali adalah expatriate, karyawan, pasangan muda, ataupun mahasiswa yang memerlukan hunian yang siap untuk langsung ditinggali.


2. Menetapkan harga
Jika sudah melakukan perbaikan untuk meningkatkan harga sewa atau harga jual, sekarang saatnya untuk menetapakan harga sewa atau harga jual aparteman. Untuk masalah harga, memang sebaiknya kita terlebih dahulu melakukan survey harga pasaran apartemen yang ada di lokasi terdekat dan dengan tipe yang sama. Jika kurang paham untuk melakukan survei sendiri, lebih baik menanyakan agen atau depelover properti untuk mendapatkan informasi.

Pasang harga sewa atau jual properti dengan batas harga terendah namun tetap untung. Karena harga yang menarik di pasaran akan langsung menjadi incaran orang-orang yang mencari hunian apartemen. Dan kita harus punya strategi lain saat menetapakan harga jual, yaitu menaikkan harga jual dari harga yang anda inginkan. Sebagai contoh jika anda menginginkan apartemen anda terjual seharga 400 juta, maka untuk membuat harga jual anda boleh menetapakan dengan harga 500 juta. Maka masih ada rentang sebesar 100 juta yang masih bisa anda negoisasikan dengan calon pembeli.



3. Management Waktu
Kita wajib mengetahui kapan saat yang tepat untuk menjual atau menyewakan apartemen. Misal kita dapat menunggu sertifikat AJB keluar dan baru memasarkan apartemen karena harga apartemen akan menjadi lebih tinggi, dan calon pembeli menjadi lebih banyak karena mereka dapat memproses pembayaran dengan KPA. Semakin lama apartemen tidak tersewa atau terjual, semakin besar opportunity costnya juga. Misal kita ingin menyewakan apartemen seharga 12juta/bulan. Semakin lama tidak tersewa, maka Anda berpotensi kehilangan 400ribu/hari yang seharusnya menambah penghasilan kita. Bahkan lebih parah karena kita harus membayar fixed cost seperti service charge dan utilities (listrik, air, dll) yang tetap harus dibayarkan walaupun apartemen dalam kondisi tidak berpenghuni.


4. Berikan Informasi Secara Detail
Sebelum memasarkan apartemen, jangan lupa berikan foto atau gambar unit apartemen kepada calon pembeli dengan bagus. Karena foto merupakan hal pertama yang dilihat oleh para pencari hunian. Foto yang bagus akan membuat mereka lebih tertarik dan melihat lebih lanjut informasi tentang apartemen. Berikan juga informasi yang benar dan lengkap mengenai apartemen yang akan kita sewakan atau jual, ini akan memudahkan para pencari hunian apartemen dalam menentukan apartemen seperti apa yang mereka cari. Sekaligus tidak membuang-buang waktu karena semuanya sudah tertulis dengan jelas.

Tunjukan juga nilai lebih yang dimiliki unit apartemen seperti berada dilingkungan bisnis, akan dilalui oleh jalur MRT yang sedang dibangun dll. Hal ini dapat menjadi nilai lebih yang dapat diinformasikan ke para pencari hunian. Mereka akan memperoleh banyak keuntungan salah satunya capital gain yang didapat saat MRT sudah jadi nantinya

5. Negoisasi di perlukan
Setiap adanya penawaran dari calon pembeli, kita perlu melakukan negoisasi dengan bijak. Kunci penting saat negoisasi adalah jangan sampai kita membuat keputusan dengan berpikir tidak logis yang malah jauh dari sasaran pada saat kita menetapkan harga jual yang anda inginkan. Dan yang terpenting juga kita harus terbuka untuk negosiasi dengan calon penyewa atau pembeli apartemen. Jangan langsung menolak untuk bernegosiasi dengan calon penyewa atau pembeli di depan mata yang sudah serius tertarik dengan apartemen kita.

Misal kita menawarkan apartemen dengan harga sewa 12juta/bulan, Dan ada yang menawar 10juta/bulan jangan langsung mengabaikan tawaran tersebut, Ingat opportunity cost! Lebih baik properti Anda tersewa sekarang dengan harga 10juta/bulan daripada tersewa dengan harga 13juta/bulan tetapi Anda menunggu 6 bulan lagi. Bisa rugi dua kali lipat karena harus bayar biaya tetap apartemen.


6. Percayakan Apartemen anda kepada Rukamen Saleshack

Cara cepat sewa atau jual apartemen yaitu dengan memperluas pemasaran, sebaiknya kita membuat iklan “apartemen di jual” di berbagai media baik itu dengan membuat iklan baris di koran lokal, membuat spanduk iklan, memberitahukan kepada teman ataupun beriklan secara online di internet. Membuat iklan di internet sangat banyak memberikan manfaat bagi anda. Sebagai contoh jika anda memasang iklan di situs-situs besar seperti berniaga.com, olx.co.id, rumah123.com, rumah.com dan lainnya maka target pasar anda akan semakin besar.

Situs-situs besar tersebut selalu di kunjungi ratusan ribu orang setiap harinya guna mencari informasi properti. Untuk itu manfaatakan situs tersebut dan buat semenarik mungkin iklan apartemen yang akan disewakan ataupun dijual, ceritakan kelebihan apartemen anda dan buat kalimat iklan yang menarik guna memancing calon pembeli.

Jika anda kesulitan menjual apartemen, sebaiknya anda bekerja sama dengan para agen properti. Agen properti hampir selalu mempunyai jaringan yang luas, berpengalaman dan juga spesialis dalam hal jual beli dan sewa properti seperti Rakumen . Rakumen memiliki berbagai cara marketing dalam memasarkan property yang bagus dan cepat. Karena Rakumen bisa menentukan waktu (timing) yang pas untuk memasang iklan. Iklan akan menjadi lebih efektif apabila memasang iklan pada saat target market yang diinginkan sedang aktif online.

SalesHack adalah sebuah paket jasa penjualan atau penyewaan apartemen. SalesHack Rakumen membantu dalam semua kebutuhan dan informasi yang anda butuhkan dalam menjual properti anda secara online. Mengurangi kebutuhan anda pada perantara atau agent properti, yang bisa menghemat uang komisi hingga ratusan juta.

Bila apartemen berhasil terjual oleh agen properti, biaya komisi hanya sekitar 2.5% dari harga jual apartemen anda. Pengeluaran anda tidak seharusnya setinggi ini, karena anda sendiri sebagai pemilik adalah orang terbaik untuk menjual properti anda sendiri. Itu mengapa anda akan menghemat banyak uang dengan mengunakan SalesHack.

Dibutuhkan waktu yang beragam, sekitar 1-2 bulan, bergantung daerah, wilayah dan harga properti anda. Dalam beberapa properti SalesHack dapat menjual dalam waktu 1 minggu. Dalam paket SalesHack, anda akan mendapatkan jasa pengiklanan properti anda melalui channel SalesHack ke berbagai macam media iklan, gratis maupun berbayar dan juga media forum.

Iklan akan ditayangkan sampai Apartemen anda terjual atau tersewa. Iklan akan SalesHack tayangkan di berbagai macam media iklan. Dari media iklan gratis dan berbayar, forum dan sosial media. Harga service SalesHack pada 399rb per unit apartemen dijual maupun sewa. Foto Apartemen dapat di kirim ke email sales rukamen Sales@rukamen.com. Foto yang baik sangat menentukan penjualan properti anda. Upload foto pertama di email, adalah foto yang akan kami gunakan untuk menjadi Primary Photo pada setiap iklan apartemen. Saat mengirimkan foto, anda hanya perlu mengisi identitas diri dan apartmen seperti berikut :

Nama Apartemen:
Tower:
Lantai:
Kondisi Unit: Furnished/Semi-Furnished/Unfurnished
Juml. Kamar:
Juml. Kamar Mandi:
Luas:
Fasilitas:
Harga Jual/Sewa:
Contact Person:
No.Handphone:

SalesHack akan tetap tetap menayangkan dan memperhatikan iklan anda hingga terjual atau tersewa. Itu janji dari SalesHack. Dan apabila setelah 2 bulan properti belum terjual, mungkin ada beberapa hal yang perlu di revisi atau diperhatikan.

Jasa SalesHack sendiri mengunakan media online untuk pengiklanan, dan sudah banyak orang sekarang mulai mencari properti dengan media online. Tim SalesHack juga akan sangat aktif memperhatikan iklan anda agar tetap terlihat calon pembeli, sekaligus menjadi kelebihan kami dibanding jasa agen properti lainnya. Apapun pertanyaannya, anda dapat menghubungi kami di Sales@rukamen.com. Anda dapat menghubungi tim Customer Care SalesHack untuk pertanyaan yang lebih mendalam.

Mungkin sekian gan sedikit informasi dari saya, semoga bermanfaat. Amiin

Related Posts

Tips And Trik Cara Cepat Menyewakan atau Menjual Apartemen
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

6 komentar

Tulis komentar
avatar
29 April 2017 03.22

Informasi yang bagus kak,, makasih

Reply
avatar
29 April 2017 15.16

okee,, menambah wawasan mas. kalau aku ada apartemen juga ntar mampir kesana

Reply
avatar
15 Mei 2017 09.51

Boleh Juga Mas Tipsnya,, Makasih Mas

Reply